Rabu, 26 Desember 2012

KWH 2 menggunakan sumber daya Luar



Menggunakan Sumberdaya Luar

Tingkat kegagalan bisnis kecil sangatlah tinggi, dan kebanyakan gagal pada tahun-tahun pertama. Sebagai wirausaha, anda akan menghadapi banyak problem, yang mungkin dapat mematikan bisnis anda. Anda akan membuat keputusan-keputusan, atas dasar informasi dan pengertian yang terbatas tentang problem-problem khusus. Sebenarnya ada banyak informasi dan bantuan yang tersedia, namun mungkin anda tidak mempunyai waktu untuk mempelajari, atau tidak mau memanfaatkannya. Wirausaha biasanya mementingkan kemandirian atau kebebasan untuk membuat kepuasannya sendiri. Sebaiknya keputusan itu diambil setelah semua informasi relevan dipertimbangkan. Itulah sebabny, ada kalanya sumber luar harus digunakan.
Dalam praktek, nasihat dan saran-saran dari orang luar mungkin tidak disukai oleh beberapa wirausaha. Dalam kegiatan bisnis anda sehari-hari, anda mungkin menerima nasihat dari pelanggan, karyawan, para pembekal, dan para pesain. Anda mungkin berfikir, tidak ada waktu untuk berkonsultasi dengan orang luar mengenai problem-problem bisnis anda. Mungkin juga anda percaya bahwa waktu yang diperlukan untuk menerangkan situasi anda kepada orang lain, dapat digunakan secara lebih efektif untuk menangani problem sehari-hari. Namun, anda akan dapat mengumpulkan berbagai ide dan pendapat dengan mendiskusikan problematik anda dengan orang lain. Diskusi dengan orang lain penting karena alasan-alasan yang berikut :
1. Informasi dan gagasan dapat datang dari berbagai sumber yang berbeda-beda.
2. Sumbangan dari beraneka sumber seharusnya meningkatkan kemampuan anda dalam mengambil keputusan.
3. Anda mengetahui bahwa sumber-sumber informasi dan bntuan tertentu dapat menolong anda.
4. Sekali anda menunjukkan perhatian atas ide dan saran orang lain, semakin besar kemungkinan bahwa mereka akan berusaha keras untuk memberikan nasihat dan bantuan tambahan.
5. Jika anda sadar bahwa anda tidak mempunyai semua jawaban yang benar, semakin besar kemungkinan anda mendengarkan ide dan pendapat orang lain.

Ada informasi yang tidak memerluka biaya dan ada informasi yang harus anda bayar. Sumber-sumber informasi dan bantuan yang gratis adalah karyawan, pelanggan, pembekal dan para wirausaha lain. Bantuan yang harus anda bayar biasanya adalah bantuan ahli hukum, akuntan, konsultan dan para profesional lainnya. Beberapa sumber-sumber bantuan gratis :
a. Para karyawan
Anda haruslah mempunyai karyawan yang mampu menyelesaikan sebagian besar problem sehari-hari.
b. Pelanggan
Para pelanggan dapat memberikan informasi yang khusus sekali tentang produk dan jasa yang mereka beli dari anda.
c. Para pembekal
Karena sukses kebanyakan para pembekal tergantung kepada perusahaan yang mereka layani, jelas bahwa mereka menaruh minat besar pada keberhasilan anda. Banyak pembekal mampu memberikan nasihat manajemen yang sehat karena mereka dapat menerangkan bagaimana perusahaan lain yang berhasil.

d. Para wirausaha lain
Beberapa problem sangat umum bagi kebanyakan perusahaan, da para wirausaha biasa nya bersedia mendiskusikan problem mereka satu sama lain.
e. Profesional
Konsultasi resmi dengan para profesional-bankir, konsultan manajemen, agen asuransi, akuntan, pengacara yang meliputi pembayaran honor untuk jasa mereka, akan dibahas nanti. Namun, baik disebut disini, percakapan yang tidak resmi dengan mereka.
f. Sumber-sumber lain
Di samping orang-orang yang secara langsung dapat membantu anda, terdapat banyak lagi sumber-sumber informasi yang dapat membantu dalam meningkatkan bisnis anda. Sukses atau kegagalan dalam menggunakan sumber-sumber luar tergantung kepada kemampuan anda menerapkan nasihat dan informasi tadi dalam mengambil keputusan-keputusan efektif. Mengikuti perubahan, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis anda, tidaklah gampang. Hal-hal yang berikut ini merupakan cara-cara, yang memungkinkan anda untuk mengikuti perubahan :


a) Data industri akan membantu anda membandingkan bisnis anda dengan bisnis-bisnis lain yang sejenis.
b) Keanggotaan dari asosiasi dagang akan membantu anda dalam menghubungi wirausaha lain di seluruh negara anda.
c) Berlangganan majalah dan surat kabar niaga juga di anjurkan.
d) Program-program pendidikan dapat membantu anda meningkatkan keterampilan dan kemampuan manajemen anda.
e) Perpustakaan seharusnya menjadi salah satu sumber informasi anda yang utama.

Anda dapat memperoleh bantuan profesional berdasarkan pembayaran honorarium atas jasa yang diberikan dari orang-orang seperti pengacara, akuntan, agen asuransi, bankir dan konsultan bisnis. Prestasi si profesional dengan wirausaha lain sebelumnya merupakan indikasi yang baik tentang prestasi mereka di masa akan datang. Mintalah nasihat dari wirausaha yang sudah bekerja dengan para konsultan, jika anda mencari bantuan profesional. Mungkin seorang profesional yang anda percayai, seperti seorang pengacara, dapat merekomendasikan seorang akuntan yang baik.
a. Pengacara
Pekerjaan utama seorang pengacara adalah membantu anda dalam memgelakkan problem, namun ingatlah bahwa umumnya mereka konservatif dalam memberikan nasihat. Nasihat mereka biasanya menyangkut hal-hal, yang sebaiknya jangan anda lakukan.
b. Akuntan
Anda haruslah membedakan seorang pemegang buku dengan seorang akuntan. Tugas utama seorang pemegang buku ialah mencatat informasi dan menyimpan catatan-catatan yang tepat. Seorang akuntan publik terdaftar adalah seorang profesional, yang telah mendapat latihan bertahun-tahun dalam menafsirkan data keuangan dan mempunyai ijin yang sah untuk buka praktek. Dengan bertumbuhnya bisnis anda, kebutuhan anda akan bantuan seorang akuntan yang memenuhi syarat semakin bertambah. Mungkin anda membutuhkan baik seorang pemegang buku maupun seorang akuntan.


c. Agen asuransi
Bisnis anda perlu ditanggung dengan asuransi yang mencukupi. Asuransi menolong dalam mengurangi resiko yang amat besar. Namun, anda tidak dapat mengasuransikan semua resiko (misalnya, penjualan yang menurun).

Agen asuransi anda hendaknya menyadarkan anda akan bidang-bidang yang mungkin menimbulkan kerugian. Namun, perusahaan merupakan majikan dari agen asuransi. Andalah yang harus menyimpulkan apakah agen itu menaruh minat atas kepentingan anda dan bukan kepentingannya atau kepentingan perusahaan asuransi. Anda perlu mencari seorang agen asuransi yang mampu memberikan pelayanan yang di perlukan dengan biaya minim.

Sifat resiko akan berbeda-beda sesuai dengan lokasi perusahaan anda, mesin-mesinnya, produk, jasa, pelanggan dan personalia. Beberapa dari resiko bisnis yang paling umum meliputi hal :
1) Resiko kecelakaan
2) Resiko kebakaran
3) Resiko penipuan dan pencurian
4) Resiko-resiko yang tidak dapat dielakkan

d. Bankir
Bankir merupakan sumber bantuan yang berharga dalam hal dana seperti pinjaman, jenis-jenis kredit dan rasio-rasio operasi. Pilihlah bankir anda dengan hati-hati. Dalam mengambil keputusan, pikirkanlah seseorang tertentu yang bekerja di bank, yang dapat anda percayai dan yang mempunyai pengalaman perbankan. Jika anda dapat menyediakan rencana bisnis yang terperinci, maka pembahasan soal-soal keuangan anda akan lebih gampang.

e. Konsultan bisnis
Terdapat tiga tipe persoalan bisnis yang besar, yang memerlukan konsultan :
1) Suatu problem yang terjadi sekali saja.
2) Peninjauan kembali atas praktek-praktek bisnis di masa lampau.
3) Telaah kelayakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar